Wednesday, September 1, 2010

Desain Pemrograman Web - Resume Pertemuan 1

Yuhuu Ericovamili, kali ini saya sediakan kolom Desain Pemorgraman Web sekalian untuk kita sama-sama membahas pemrograman web. Kolom ini juga merupakan tugas dari mata kuliah saya Desain Pemrograman Web yang di asuh oleh Pak Teguh Sutanto.

Bicara mengenai Web Server seperti Tomcat dan Apache, bedanya apa sih? Yang kita tahu kan biasanya Apache saja, nah kalau server Tomcat atau dulunya dikenal dengan nama Jakarta Tomcat ini digunakan untuk server JSP (Java Script Page) namun dalam server Tomcat sudah include dengan Apache yang dapat menjalankan web service http server.

Sifat dari Pemograman Web :

  • Stateless, tidak mempunyai ikatan dengan server secara terus menerus, jadi gampangnya koneksi yang dilakukan adalah putus nyambung.
  • Multiplatform, Web dapat berjalan di semua sistem operasi baik Linux, Windows, Mac, Symbian, JavaOS,Android.
  • Navigation Centric, navigasi yang dilakukan dengan menu yang disediakan.
  • Base On Page, web terdiri atas halaman-halaman yang dihubungkan.
  • Just Browser, yang dibutuhkan untuk mengakses web hanyalah sebuah browser.
  • Less Secure, Tidak dapat dipungkiri bahwasannya web juga memiliki kelemahan dalam masalah keamanan web itu sendiri.

Kenapa sih harus menggunakan Web ?

  • Informasi diakses orang banyak
  • Pengguna yang tidak terbatas pemakainya
  • Menginginkan pengaturan yang minim
  • Sedikit menggunakan fasilitas OS
  • Tidak membutuhkan keamanan yang terlalu tinggi

Definisi Website sendiri itu apa sih? Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dengan adanya link yang saling menghubungkan, gambar, video, atau media digital dimana website diakses melalui alamat URL (Unified Resource Locator), dengan nama domain yang telah ditetapkan atau berdasar pada alamat IP (Internet Protocol).

Website di hostingkan (diletakkan) pada webserver, yang dpaat diakses melalui jaringan seperti Internet maupun private network.

Jenis website berdasarkan fungsinya :

  • Personal
  • Komersial
  • Pemerintahan
  • Organisasi Non-Profit

Website sendiri ditransmisikan dari browser kita melalui yang namanya HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). HTTP menggunakan port 80 sebagai default aksesnya. Ada lagi yang namanya HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) ini merupakan HTTP yang aman dengan enkripsi koneksi saat kita lagi mengirimkan user dan password. Untuk mengetahui bahwa suatu website memiliki koneksi secure atau HTTPS dapat dilihat di gambar gembok pada browser. Contoh di Mozzila atau IE, pada status bar bawah akan ada gambar gembok. Contoh situs yang menggunakan koneksi HTTPS biasanya koneksi internet per-bankan yang membutuhkan akses keamanan tinggi seperti website e-banking BCA atau Mandiri.


 

Website bank yang menggunakan koneksi HTTPS

Bicara tentang website tidak lengkap kalau tidak ada yang namanya browser. Apalagi tuw browser ? browser adalah aplikasi yang dijalankan untuk membuka website dengan proses yang dilakukan oleh browser seperti Retrieving (menerima script code), Presenting (menampilkan hasil olahan browser dari membaca script code), dan Traversing (pembacaan ulang code yang perlu di load kembali seperti adanya gambar,video, maupun media lainnya). Contoh browser yang digunakan di jaman sekarang seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari dan masih banyak lainnya. Saya sendiri menggunakan Opera sebagai browser andalan saya karena fasilitas bookmark yang memudahkan saya dalam manajemennya apabila terjadi kerusakan pada Opera, dan juga Mozilla sebagai alternative untuk banyak Add-On (Aplikasi kecil tambahan) yang dapat dipasang pada Mozilla.

Oleh sebab itu mengapa text akan dimuat lebih cepat dibanding gambar yang ada di website. Perlu diketahui juga saya pernah iseng-iseng bandingin browser bagaimana cara load sebuah halaman, coba teman-teman perhatikan, yang muncul pertama kali adalah bagian di sebelah kiri layar anda. Mengapa demikian ? karena cara pembacaan code yang dilakukan oleh browser adalah dari kiri ke kanan, oleh sebab itu yang muncul duluan adalah bagian di sebelah kiri hehehe


 

Browser Mozilla Firefox

Browser Mozilla Firefox


Sekarang lanjut ke bahasa web dengan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). HTML adalah bahasa yang digunakan untuk mendifinisikan halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah bahasa pemrograman karena HTML adalah markup language (bahasa yang dilebaikan istilah gampangnya), dimana markup language untuk mendefinisikan isi dari tags-tags yang ada di HTML.

Contohnya tag :

  • <HTML> </HTML> <b></b><body></body>, tag awalan selalu ditutup dengan akhiran slash (/) tag.

Contoh sederhana tag untuk membangun website sederhana :

<html>

<body>

<h1>My First Heading</h1>

<p>My first paragraph.</p>

</body>

</html>


 

Ericovamili pernah tidak ngalamin tampilan yang tidak sesuai? Misal kita buka website tertentu sebut saja "X" di browser Mozilla dapat tampil dengan baik, namun di browser Opera tidak dapat tampil dengan baik, misal ada gambar yang tidak sesuai dengan posisinya. Kenapa hal ini terjadi? Tentunya bukan salah bunda mengandung :p hehe hal ini dapat disebabkan faktor seperti settingan layout yang digunakan, table yang dibangun dalam halaman tersebut, dan CSS yang digunakan.

Sekian posting resume untuk Desain Pemrograman Web di Pertemuan 1 ini ya..Kita lanjut lagi minggu depan :) Ikuti juga Review Perbandingan Browser yang saya kerjakan untuk tugas mata kuliah ini. Selamat Belajar kawan.


 


 

No comments: