Sunday, October 3, 2010

Pembagian Website

Saya rasa dalam pembahasan kita kali ini banyak yang sudah mengerti mengenai pembagian website. Silakan menambahkan jika saya ada kekurangan melalui kolom komentar yang telah disediakan :) namun tidak ada salahnya saya membagikan ilmu saya pada anda pembaca setia ericovamili.

Tema merupakan langkah awal untuk menentukan desain sistem website yang akan digunakan. Kemanakah arah tema website yang akan anda bagun ? Tema dalam sebuah website dapat terdiri atas :

  • Ecommerce
    • Barang, barang ini dapat dibagi-bagi kembali seperti
      • Makanan
      • Benda seperti alat tulis, produk-produk berupa benda
    • Jasa
      • Direct Selling atau MLM (Multi Level Marketing)
      • Konsultasi
      • Penanganan Proyek
  • Portal
  • SIG (Sistem Informasi Geografis) atau Sistem Informasi Lainnya
  • Informasi Kuliner
  • Lainnya
    • Survei
    • Pemesanan Makanan

Apakah tema bersifat mengikat ? Saya jawab tidak. Mengapa? Karena anda lah yang menentukan kemanakah website anda, acuannya adalah TEMA yang anda gunakan serta kalau boleh saya tambahkan adalah KREATIVITAS. Jadi dengan adanya tema dan menambahkan kreativitas pada website anda lain dari website lain maka website yang anda bangun terbilang berbeda.

Contoh website Extreme Portal Autotechnic yang saya bangun di awal tahun 2007

Nah menurut sumber yang saya kutip dari Prowebpro di bawah ini, Elemen-elemen yang vital dalam perancangan website adalah:

1. Warna

Pilih warna sesuai yang akan disajikan. Warna hitam menyatakan eksklusif, warna abu-abu berarti professional, warna biru memberikan kesan high technolgy dan lain sebagainya. Jumlah warna juga perlu dipikirkan, jumlah warna sebaiknya 2 atau 3 saja.

2. Elemen-elemen dalam disain

Elemen-elemen disain mencerminkan kesan yang akan ditampilkan. Website professional cenderung menampilkan elemen-elemen garis, lengkung yang lembut. Web site remaja cenderung menampilkan elemen-elemen yang mempunyai kontast tinggi dan sebagainya.

3. Layout

Layout bisa memberikan kesan ramai, sederhana dan sebagainya.

Layout ini meliputi peletakan menu dan peletakan isi. layout yang banyak judul artikel memberikan kesan ramai, layout yang hanya menampilkan beberapa elemen utama menimbulkan kesan sederhana dan lain sebagainya.

Baik sekian penjelasan saya mengenai tema website. Apabila ada pertanyaan silakan mengemukakan melalui form komentar atau interaksi saya langsung, dengan senang hati saya akan menjawab apa yang bisa saya jawab untuk Anda kawan :D

2 comments:

finnfirrior said...

mantap gan, infonya.
moga2 dari share2nya banyak orang terinspirasi.:)

Ericova said...

@finn : makasih bro :)