Tuesday, September 7, 2010

Menu Statistik Pada Blogspot

Wah wah wah ada satu menu baru yang ditambahkan di Blogspot yakni menu STATS. Apa Blogspot sedang mengikuti jejak dari wordpress yang dapat mengetahui jejak asal muasal pengunjung yang datang ? Entahlah, yang pasti Google dengan Blogspotnya sedang mengikuti permintaan pasar pengguna untuk memunculkan menu ini. Dulunya menu ini tidak ada, jadi untuk mengetahui pengunjung perlu menggunakan widget third party (pihak ketiga) seperti yang saya gunakan yakni feedjit.

Pada menu Stat terbagi menjadi Overview, Post, Traffic Source, Audience.

  • Overview, dapat mengetahui secara garis besar isi dari Post, Traffic Source, dan Audience.
  • Post, berisikan postingan terlaris yang dibaca oleh banyak pengunjung
  • Traffic
    Source, berisikan alamat website yang banyak menggiring pengjung menuju blog kita.
  • Audience, Disini kita bisa tahu dari Negara mana saja pengunjung terbanyak kita, browser yang digunakan, Sistem Operasi yang digunakan. Contohnya dalam blog saya Ericova ini pengunjung terbesar adalah dari Indonesia, menggunakan browser firefox dan kebanyak menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

Dengan adanya menu Stats ini diharapkan kita dapat mengetahui seberapa banyak pengunjung yang membaca blog kita. Tulislah blog dengan tulisan yang membangun dan bermanfaat sehingga mencapai traffic yang tinggi dan SEO (Search Engine Optimization) dapat berjalan dengan lancar.

No comments: