Monday, September 20, 2010

Mengenal Memory SD dengan SDHC dengan SDXC

Dalam rangka menekuni bidang fotografi dunia kamera SLR. Saya akan bagikan ilmu saya mengenai maksud dan tujuan jenis memory SDCard yang digunakan pada kamera digital poket maupun Digital SLR (Single Lens Reflect) *halah*

Jadi gini pembaca ericovamili, SDCard dibagi menjadi 3 jenis di era sekarang. Mulai dari SDCard, SDHC, SDXC. Sekarang saya akan bahas masing-masing jenis SD Card ini dengan sederhana dan mudah dimengerti singkat padat dan jelas hehe :p

  • SD Card (Secure Digital), SDCard memiliki kapasitas maksimum sebesar 4 GB sedangkan MicroSD sebesar 2GB. SD Card menggunakan format FAT16. Kamera yang menggunakan SD card tidak dapat menggunakan SDHC maupun SDXC tentunya.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity), Menggunakanformat FAT32. Kamera yang menggunakan SDHC bisa juga menggunakan memory SD Card.
  • SDXC (Secure Digital Extended Capacity), era baru dari memori SD karena revolusi kapasitas size dan kinerja dari memori dan dilaunching pada tahun 2010. Kapasitas yang di dukung sampai dengan 2TB (TeraBytes), cocok untuk merekan film dengan format HD Movie serta hasil jepretan dengan pixel count yang tinggi. Tingkatan transfer dari SDXC memiliki kecepatan 104 MB/s bahkan da pula yang 300MB/s. Menggunakan format milik Microsoft yakni ExFAT.

Semoga pembaca ericovamili tambah pengalaman dan tambah ilmunya..aminnn :)

2 comments:

Anonymous said...

Makasih penjelasannya gan...

Ericova said...

sama2 bro :)