Sunday, March 8, 2009

Maksimalkan Batere Notebook

Jaman sekarang netbook/notebook/laptop yang anda pakai sudah menggunakan jenis Lithium Ion. Dengan batere jenis ini anda pembaca sekalian dapat melakukan pengisian berkali-kali. tetapi sering melakukan pengisianpun umur batere akan berkurang juga dan kehilangan performa menyimpan daya.

Batere notebook dapat anda isi sbeelum menggunakan notebook maupun pada saat penggunaan notebook. Hanya saja pada saat menggunakan sekaligus akan terasa panas karena proses pengecharge-an.

Apabila sudah penuh batere laptop/notebook anda jangan dibiarkan ngecas terus karena meskipun batere sudah punya kemampuan untuk menstop jika aliran listrik pada batere sudah penuh namun tetap saja hal-hal tak terduga bisa saja terjadi seperti IC kontrolnya rusak.

Lepaskan batere jika berencana untuk tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Karena terlalu lama membiarkan bisa menguras kemampuan batere dan batere akan menggembung jika dibiarkan menancap. Handphond saya saja menggembung :( apalagi yang besar ukuranya kayak toblerone bahkan lebih besar hahaha :p

Yang paling penting simpan batere di tempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung.Kenapa?ya jelaslah, batere kena air bisa rusak komponen dalamnya, terutama hubungan singkat. Terkena matahari juga bisa meledak. Di dalam batere terdapat cairan kimia yang bisa meledak jika terlalu panas.

Jika merasa ada colokan listrik lebih baik dilepas saja baterenya dan biarkan menggunakan aliran listrik langsung saja, karena hal ini memperpanjang umur batere. Batere yang di cas berkali-kali akan berkurang umurnya.

Temperatur batere notebook jangan sampai di bawah 0 derajat celcius (Farenheit 32) atau bahkan di atas 45 derajat celcius. Umur batere anda tergantung dari banyak faktor, program-program yang anda jalnkan pun ddapat mempengaruhi performa dan perangkat yang terpasang di laptop anda juga berpengaruh misalnya menggunakan kipas eksternal,Hardisk eksternal dapat mengurangi energi dari batere.Ketika mengisi batere perhatikan agar pada saat proses charge, batere notebook anda diisi sampai penuh skalian jagan sedikit-sedikit charge. Usahakan tidak colok pasang karena umur batere akan dipotong dengan adanya hal tersebut.

Semoga tips dan trik dari saya bisa menjadi pengetahuan bagi anda pembaca skalian dalam merawat batere notebook anda Justify Full:)

9 comments:

Fenty Fahmi said...

iya, batere hpku pernah jadi blowfish, hahahaha menggembung ... :p

tapi semoga aja batere laptop enggak ... semoga :(

kacrut said...

huehuehue.. kena paires [tulis : pirus] blowfish juga yah?? wekekekekke..

semoga gak lah..

dulu batere leptopku sering tak cobot.. dan listrik yg sering mati bikin siti komariah masuk RS>. jadi gpp dah kala batere daripada kalah yg laen.. huehuehue

Nancy said...

batereq sih gpp ric..
tp labtop'e yg error,,
tiap kali d nyalain lgsg restart sendiri..
huhuhuhu

Ericova said...

@fenty
haha ati2 jeng :p

@kacrut
ooow kalo saya selama ada memungkinkan di colok ya batre tak cabut crut hwhwhw

@nancy
nah tuw kemarin kan dah beres di rumah wkwkwk ^^ yang laptopmu satunya backup dulu datanya tar tak beenrin biar aman hwhwhw

Jiewa said...

Hiks.. skrg batre saya cuma bisa tahan 20 menit, padahal dulu bisa 1,5 jam :(
Thx ya tipsnya..

aRai said...

"simpan batere di tempat yang kering dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung"

kirain orang aja yg takut item karna matahari ... batre juga takut ya ... xixixi

Ericova said...

@jiewa
haha parah gt..temen ku malah g sampe 5 menit amblas ko hahaha.hati2 ma batrenya kalo sudah tidak garabsi

@arai
ckckck ada2 aja neh bang :p

intothepresence.com said...

hello, blogwalking to your site my friends

Ericova said...

into : yes thx u bro