Thursday, July 1, 2010

Teknologi Intel 2010

Intel Corporation di tahun 2010 yang menghadirkan serian terbarunya untuk mengimbangi Intel Core i7 yang telah keluar dulu seperti Intel Core i3 dan Intel Core i6, beberapa waktu kemudian akan muncul juga Intel Core i6.

Dalam hal Intel seri Core i, terdapat perbedaan yang jauh memang dengan serian Pentium seperti halnya Intel Core i3 dibanding dengan Intel Pentium 4 baik dalam segi speed prosesor yang sama jika dibandingkan jelas Intel Pentium 4 akan kalah mengingat arsitektur serta kemampuannya yang sudah beda teknologi yakni pada seri Core i yang lebih SMART. Sehingga jika ada thread pekerjaan aplikasi yang harus dikerjakan oleh prosesor adalah sedikit maka prosesor secara otomatis akan menurunkan kecepatan speed nya sehingga menghemat daya, demikian pula sebaliknya jika thread yang harus dikerjakan prosesor sangat tinggi maka prosesor Intel Core seri i akan menaikan speed namun tidak menghabiskan daya yang sangat tinggi.

Istilah kemampuan ini disebut Intel Turbo Boost Technology. Namun perlu diketahui bahwa teknologi ini hanya terdapat di seri Intel Core i5 dan Intel Core i7. Karena Intel Core i3 merupakan prosesor kelas value. Meskipun Intel Core i3 seri prosesor kelas value, prosesor ini juga dibekali oleh technology Smart Cache, dimana kemampuan Smart Cache bisa mengimbangi permintaan memory cache yang ada dalam prosesor.

Dalam hal multitasking photography, Intel seri Core i5 jika dibandingkan dengan Intel seri T, maka akan Nampak peningkatan signifikan sebesar 75% seperti dalam hal upload dan pemrosesan foto.

Sekedar pengetahuan juga prosesor yang dimiliki oleh netbook-netbook yang digawangi oleh Intel Atom memiliki prosesor Intel Atom yang berukuran panjang sepanjang beras yang di buat dengan fabrikasi wafer prosesor 45nm.

Saya sendiri menggunakan Intel seri T2450 yang masih menggunakan Intel Core Duo technology. Sampai sekarang dari tahun 2007 saat saya membeli notebook Acer masih bisa bertahan dan mengatasi masalah pekerjaan dan tugas-tugas yang harus saya selesaikan. Perlu diketahui juga bagi pembaca Ericovamili bahwa teknologi prosesor akan berkembang terus sesuai dengan hukum moore.


gambar : saya ambil dari Thinkpads.com

3 comments:

Elsa said...

hhm.... kalo masalah IT begini, aku nyerah deh... gak ngerti. hiihihi

Baby Dija said...

aku ngerti kok Tante...

aku kan pinter ya Om??

Ericova said...

elsa : heheh ya inpo saja mba hihi :p

baby : ya bagus sekali..100 ! :D