Sunday, November 22, 2009

Modifikasi Laptop Super Typing


Dari judul yang saya gunakan jelaslah topik yang saya bahas kali ini adalah modifikasi notebook/laptop menjadi media pengetikan yang sangat cepat. bagaimana bisa? ya bisa saja dengan kemampuan pengetikan 10 jari yang biasa di ajarkan ketika kursus komputer maupun belajar komputer dasar. Tetapi dengan cara yang berbeda. Agak nyeleneh memang namun ide ini sudah saya terapkan di laptop yang saya gunakan dimana saya menggabungkan dengan keyboard eksternal dan mouse eksternal.Terlihat agak ribet jika bagi pengguna biasa. Namun bagi saya hal ini sangat menguntungkan.

Manfaat teknik saya :
- Keyboard laptop tidak mudah rusak
- Aksesbilitas pengetikan dan papan tombol lebih cepat
- Puas karena ada suara keyboard
- Mouse yang wireless menyebabkan dapat berpindah klik dimanapun
- Pandangan tidak terlalu dekat dengan layar
- Tangan tidak panas karena jika tidak pakai keyboard eksternal harus menyangga tatakan tangan di laptop yang begitu panas

Spesifikasi penggunaan : (terlihat pada foto)

- Acer Aspire
- Mouse Ajeb-ajeb atau kelip kelip
- Keybard Logitech

- Mouse Wireless Logitech yang terintegrasi dengan Keyboard Logitech

- Converter PS2 to USB

Ide ini saya inspirasi dari permasalahan dimana komputer saya pentium 4 presscot yang telah lama tidak saya gunakan. Dan alhasil beberapa komponen terutama keyboard Logitech nya yang saya anggap cukup berkesan karena nyaman sekali untuk pengetikan tidak dapat saya gunakan. Terpikir untuk googling serta mencari konverter ini namun terakhir kali saya cek harga cukup mahal yakni $75 alias dirupiahkan kasaran Rp.10.000 maka Rp.75000 ! wow harga yang agak mahal untuk sebuah konverter. Namun seiring berjalanya waktu ada teman yang menjual ke saya dengan harga yang cukup murah meriah hanya Rp.25.000 saja :D

Akhirnya keyboard andalan dapat digunakan lagi untuk coding,chating,ngetik dengan sangat cepat bahkan bisa-bisa saya menerapkan metode pengetikan 20 jari hehehe :) kemampuan pengetikan dapat maksimal dan tidak kawatir laptop terganggu karena cara pengetikan kita yang cukup cepat
.

Pengetikan dapat dilakukan dimanapun menginga penggunaan laptop yang portabilitasnya dapat digunakan kapanpun dan dimanapun asal tersedia listrik :) Selamat mencoba.


11 comments:

gajah_pesing said...

saia pake yang sebelas jari

novi cuk lanang said...

terkadang kalau membayangkan jaman dulu, saya jadi teringat keyboard favorit yang begitu ringan dijari, walau bunyinya cetok-cetok.

sayang ga ada converternya. karena masih serial port, dan nempel di prosesor 486 :))

Tejo said...

Lha punyaku terkesan cukup ringkes, cuma pake keyboard +mouse wireless A4tech seharga 245rb. Sisa slot USB bisa buat flash disk dll.
Nggak terkesan ribet malah.

Trus laptop diletakkan di tempat yang agak tinggi, biar leher nggak sakit gara2 lihat ke bawah terus. Keyboard dan mouse diletakkan di tempat yang senyaman-nyamannya (di bawah siku) agar tidak mengakibatkan RSI.

Sekian spesifikasiku ^^

Eros Ikut Paypal Bagi2 $100 said...

tyap hari klethak klethik di warnet tapi kok tetep ga bisa ngetik 10 jari ya hiks

luxsman said...

KANIBALISME.....

Nafi' Abdul Hakim said...

hahahahaha.. sayang banget aku Mas gk punya LEPI..
hahahahahaha..
tetep sayang sama komputer di rumah saaja...

andtheree said...

haha..
kadang suara berdecik keyoard emang ngangenin..

andtheree said...

haha..
kadang suara berdecik keyoard emang ngangenin..

Anonymous said...

kreativitas itu emank prlu!!
jdi biar ga' bosan liatinnya...aplgi dgn ilmu pngetahuan yg qt punya qt bsa bwt semau qt,,jdi ga' GAPTEK dech!!! he...3x

ukie_dejavu said...

kreativitas itu prlu!!
jdi orng ga' bosan liatinnya...aplgi dgn ilmu pngtahuan yg qt punya,,qt bsa bwt semau qt...jdi ga' GAPTEK dech!!

Ericova said...

ukie : hehe benar sekali :)