Sunday, November 16, 2008

Hunting ke Museum Santet

Karena jiwa sosial yang belum tersalurkan akhirnya saya dan Para Pahlawan melanjutkan perjuangan kita ke Museum Kesehatan atau dikenal dengan Museum Santet yang terletak di jalan Indrapura Surabaya.Biaya tiket masuk dikenakan Rp.1500.

Begitu masuk ruangan kita sudah bertemu dengan gajah simbol Ganesha,kebetulan bang gajah juga ikut fotolah dia bersama patung Ganesha yang berbentuk gajah.Disini terbagi ke dalam beberapa ruang-ruangan menspesifikan jenis-jenis koleksi yang di pajang. Nah di ruangan teknologi ini saya berkesempatan berfoto dengan motor kuno. di belakang saya juga terdapat Data Recorder yang digunakan menyimpan data, Repro foto dari negative film menjadi A4 (Alat ini ukuranya besra banget, hampir seukuran lemari baju @.@) , laptop IBM yang kuno sekali (jaman saya belum ada di bumi ini hahaha :p )

Dilanjutkan ke ruangan selanjutnya terdapat tempat duduk khusus untuk melahirkan dimana di tengah-tengah tempat duduk ini ada semacam lemari yang digunakan untuk menahan atau sebagai tatak'an bayi yang dilahirkan, peralatan, atau darah. Terdapat juga celana anti perkosaan (untuk wanita) dan di lemari sebelahnya perlatan yang digunakan untuk aborsi, kontrasepsi.

Ruangan lainnya juga terdapat sejarah pengobatan dari sisi religi atau agama,rokok yang diguanakn jaman dahulu, binatang yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.Ada juga jelangkung dan permainan mistik2 lain yang digunakan untuk bertanya kepada makhluk halus sebagai pengobatan jika penyakit tidak diketahui. pada ruangan santet pun juga ditunjukan rontgen dimana terlihat paku-paku yang tertanam dalam tubuh. Mainan anak-anak yang digunakan jaman dahulu dan masih banyak lagi yang dapat anda temui disini.

Di dalam museum ini kita bisa tahu mengenai kesehatan-kesehatan, penyakit, perlatan yang digunakan di bidang kedokteran. jadi dengan kunjungan kita di Museum ini kita dapat menambah pengetahuan mengenai bidang kesehatan yang selama ini mungkin kita tidak tahu, contohnya perlatan KB.

Kunjungan anda tidak bakal mengecewakan karena di Museum ini kita menyerap banyak pengalaman dan pengetahuan serta hal2 yang sulit di dapatkan di luar.



Bang Gajah Berpose dengan temannya :p


Laptop IBM Lawas



Saya sendiri sedang memamerkan motor jaman bahuela


Data Recorder yang digunakan untuk menyimpan data (ukuranya masih sebesar lemari)



Celana dan rok anti perkosa untuk perempuan


Jas yang digunakan kedokteran masa lampau



Kursi yang digunakan dalam proses melahirkan jaman dulu


Jelangkung

3 comments:

Anonymous said...

antik tenan itu musium...
:D

Ericova said...

@nothing
iy mas..monggo saja ksana langsung menikmati hahaha

Anonymous said...

oi eric, foto TPC yg rame2 di depan museum kesehatan ada di multiplyku:
http://mimimama.multiply.com/photos/album/51/museum_kesehatan
:)