Monday, November 12, 2007

Teknologi Perpustakaan STIKOM Surabaya

Stikom sudah lama berdiri dan perpustakaan merupakan jantung dari STIKOM. Dimana ribuan buku berisi ilmu-ilmu yang tak terhingga banyaknya berasal dari perpustakaan. Tidaklah mudah untuk mencari buku yang kita inginkan dengan cepat.

Namun dengan adanya teknologi yang kian hari kian berkembang maka mencari buku dalam perpustakaan makin mudah. Ruang lingkup yang digunakan dalam penerapan teknologi perpustakaan STIKOM meliputi area lokal dimana perpustakaan dapat diakses di dalam perpustakaan dan pengadaan, pengolahan, sirkulasi, katalog, stock opname dan sebagainya. Dalam lingkup jaringan mencakup LAn atau local area network yang dapat diakses dari tempat lain, namun hanya di dalam gedung STIKOM dan WAN (wireless are network) atau MAN (metropolis area network) dimana perpustakaan dapat di akses dari tempat lain di luar gedung STIKOM namun masih dalam lingkup cakupan area network wireless STIKOM. Dan juga internet dimana perpustakaan dapat di akses dari seluruh wilayah di dunia dengan menyediakan http://library.stikom.edu atau dapat juga diakses melalui http://perpus.stikom.edu

Sumber daya yang digunakan seperti :
*Hardware yang meliputi komputer,scanner,barcode reader
*Software yang meliputi sistem operasi,software aplikasi
*Brainware yang meliputi system analyst,programmer,operator
Infrastruktur yang meliputi jaringan,internet,intranet

Dalam komputerisasi perpustakaan STIKOM mempunyai kriteria-kriteria seperti :
-Pengadaan
-Pengolahan seperti label,kartu
-Sirkulasi seperti peminjaman dan pengembalian
-Katalog
-Pemesanan bahan pustaka
-e-map perpustakaan
-Denda
-Skorsing
-Stock Opname

Hal-hal diatas sudah diterapkan di peprustakaan STIKOM dan telah menjadi cyber library. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan konsep yang dilakukan oleh perpustakaan STIKOM seperti :
-Efisiensi dan Efektivitas
-Kepuasan pelanggan atau costumer satisfaction seperti informasi yang valid,cepat serta uptodate
-Kolaborasi yang baik
-Peprustakaan yang maju

No comments: