Friday, July 20, 2007

Norton Go Back Gila

Suatu saat setelah memformat ulang windows, aku berencana memasang norton go back agar jika ada system failure atau virus maka dapat di go back melalui menu boot dari norton go back. Beberapa hari (sekitar 2 mingguan) go back lancar-lancar saja. Memakai go back pun terlihat lebih keren karena ada logo "protected by norton go back" pada saat masuk windows =)
Namun kesenangan itu tidaklah lama, suatu saat waktu komputer dipakai adik saya untuk berfriendster ria, tiba-tiba komputer restart sendiri dan go back boot menu mengalami failure atau error (errornya seperti 0x25 entah apa karena saya lupa dan tidak mencatat) yang mengindikasikan disk error dan meminta untuk scandisk. Sudah saya coba untuk merestore ke statement beberapa jam sebelumnya tapi tetap saja error. Saya coba beberapa hari yang lalu juga error. Kemudian saya bawa harddisk ke komputer lain dan melakukan scandisk dengan CHKDSK namun tetap saja error. Padahal terdapat data-data penting dalam drive itu.
perlu diketahui bahwa norton go back mengunci drive keseluruhan jadi kalau di komputer anda ada 2 drive misal drive x dan y (dimana x dan y merupakan nama merk)
Misal drive x dipartisi menjadi 2 bagian dan drive y juga 2 bagian. Pada saat proses instalasi go back akan di tanya drive mana yang dikehendaki untuk go back.Jika pilih drive x dan y maak seluruh drive akan di protect atau dikunci. karena saya ingin memprotek sistem yang seharusnya drive x yang partisi 1 saja, namun go back tidak bisa dan meang aturannya(rules) mengharuskan untuk 1 drive penuh beserta seluruh partisinya. Jadi ya terproteklah 1 harddisk.
jika gagal boot seperti kasus saya diatas tadi, setelah dipindah ke komputer lain dimana CHKDSK tidak mengatasi dan saya ingin mengambil data-data di partisi saya yang lain tidak bisa. Mengunakan PE,LINUX,windows pun tidak terdetek dan hanya terdetek 1 harddisk dan itu juga tidak dapat diakses T-T wahhh gawattt....
Terpikirkan untuk mencoba command dari instalasi XP dengan menggunakan fixmbr. Booting dari go back telah hilang namun tetap saja tidak mau masuk windows dan selalu restart-restart sendiri ketika loading booting windows.
Kucoba untuk repair instalasi Xp dengan menginstall lagi, namun tetap saja tidak terbaca adanya windows. Gila !!! padahal data-data ada disana :((
Setelah browsing-browsing dan mencari-cari solusi dari Internet. Ada yang mengatakan agar menekan ctrl+alt+G untuk menghilangkan go back. Cara ini dilaksanakan ketika waktu booting dan harus cepat.Namun sayang sebelum mencoba cara ini,sudah kulakukan fixmbr jadi norton goback menu sudah punah duluan :(
Segala cara telah ditempuh akhirnya mau tidak mau harus kurelakan ini harddisk beserta data-datanya. Penghancuran partisipun dilakukan. delet partition juga dilakukan dan di installah kembali windows dengan perasaan yang berat hati karena harus kehilangan data-data penting. Akhir kata emggunakan norton go back saran saya system restore dimatikan atau non aktifkan saja agar tidak saling bentrok. dan juga hati-hati jika boot failure. Bisa berbabe kayak kejadian yang aku alami T-T

3 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
danns said...

harusnya lu punya miniPE, program yang dijalanin melalui CD ROM, udah ada program2 penting di sana; partisi recovery, explorer, bahkan undelete. Data gak mungkin ilang sebelum Hardisklu gak kebakaran..

Ericova said...

@dans
sudah mas segala cara...isinya saja g ada semua gimana mau masuk.terkunci semua hardisknya mas.undelete?brarti menghapus data?gimana caranya mas?si undeletenya aja juga g mau baca..